Today vs Yesterday

Virus autorun.inf

Posted in lagi bener by ER on Maret 16, 2011

Pernahkah PC atau laptop kamu terserang virus autorun.inf ? beruntunglah jika tidak, karna kamu akan dibuat pusing dengan virus yang satu ini, dia menyerang hampir disemua Drive (C:\ ,D:\,E:\)  dan hampir semua antivirus dibuat tidak bisa jalan (kasus saya avira,avast,symantec dan artav). Sudah hampir 2 minggu virus yang satu ini mengerogoti PC saya, bahkan sudah lebih dari 10x saya install ulang windows dikomputer saya  tapi sepertinya autorun.inf ini sudah terlanjur betah *nah lho*.

Sempat tanya sama temen dia juga punya kasus yang sama malah katanya udah sebulan lebih belum bisa diusir tuh virus sampai Task Manager dll diblock sama si virus. Googling sana-sini ternyata banyak juga yang senasib, akhirnya dapet juga cara nanganin nih virus. Cuma saya lupa sumbernya karna keburu nafsu pengen bantai nih virus.. hehehe

CARA HAPUS AUTORUN.INF

  1. Backup dulu data-data kamu dimedia lain (CD atau Flashdisk).
  2. Install Smadav antivirus (karna cuma ini yang bisa jalan)
  3. Buka Smadav antivirus terus klik ’Tools’ -> ‘Win-Force’ -> klik ke 4 aplikasi yang ada. Gunanya untuk membuka block masing-masing aplikasi yang terkunci.
  4. terus scan lalu fix all, langsung restart dan masuk safe mode dengan menekan tombol F8 (harus cepat di restart sebelum tuh virus ngeload lagi)lalu dalam kondisi safe mode buka tiap drive yang tercemar, lalu cari file autorun.inf, open with note pad, delete isi nya lalu save (jangan save as) setelah beres semua autorun.inf di tiap drive nya restart lagiterus install Antivirus (kalo saya kemarin pake avira) tetapi kalau bisa dari media lain (CD) atau masih dalam bentuk .rar, install dari CD atau dalam .rar (karna virus ini nempel di aplikasi *.exe) dan scan deh biarkan Antivirus aja yang bekerja. catatan : kalo pake antivirus terdetek w32/sality.AT

Alhamdulillah PC saya sudah normal, namun hampir sebagian besar data saya hilang seiring hilangnya autorun.inf ini . Seperti yang saya bilang sebaiknya kamu backup dulu data-data kamu. Lalu scan data-data tersebut (karna kemungkinan besar sudah nempel didata kamu).

Semoga bermanfaat.

Tagged with:

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Asop said, on Maret 24, 2011 at 2:49 pm

    Itu virus ya?
    Saya pikir selalu ada di drive…😆
    Tapi kata temen saya itu gak terlalu mengganggu. Saya rasa juga begitu. Gak terlalu mengganggu, paling cuma mengganggu tampilan explorer aja.

    • ER said, on Maret 24, 2011 at 3:40 pm

      ada file yg diblok gak terutama anti virus, misal avira/avast.
      kalo gak kena blok, mungkin itu cuma bawaannya smadav (kalo ente pake smadav) atau emang bawaan aplikasi2 di komputer… tapi kalo kasus saya kemarin hampir smua aplikasi gak bisa kebuka alias diblok sama ni virus. ya beruntunglah sop kalo kompi ente sehat2 saja🙂


Tinggalkan Balasan

